Pengembangan Media Pembelajaran Getrich Pada Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.751Keywords:
Media Pembelajaran Getrich, IPS dan Bahasa Indonesia; PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Getrich pada Tema 1 selamatkan makhluk Hidup SubTema 1 pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia pada materi Negara ASEAN dan untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini dengan metode R & D dengan tahapan ADDIE, media pembelajaran ini akan divalidasi oleh ahli, dan revisi, maka dilakukan uji coba untuk mengetahui respon peserta didik. Uji coba ini dilakukan di SDN Umbul Tengah 2 Kota Serang Pada 30 siswa Kelas VI. Hasil uji ahli desain media menunjukan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata memperoleh 98,3 % dengan Kategori sangat layak. Hasil uji ahli materi menunjukan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata memperoleh 97,15 % dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli Bahasa menunjukan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata memperoleh 62.5 % dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon peserta didik memperoleh nilai dengan rata-rata 89,4 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Getrich yang dikembangkan untuk peserta didik SD Kelas VI sangat layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung pada Tema 1 selamtkan makhluk hidup materi Negara ASEAN.