Penerapan Metode Ice Breaking Untuk Menstimulus Konsentrasi Peserta Didik Kelas 5A SDN Serang 21

Authors

  • Fauziah Nuraini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.797

Keywords:

Metode Ice Breaking ; Pembelajaran, Konsentrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode ice breaking untuk menstimulus konsentrasi peserta didik kelas 5A SDN Serang 21. Ice breaking memiliki pengertian sebagai metode untuk menghilangkan kejenuhan belajar yang dirasakan peserta didik dengan menyelipkan kegiatan menyenangkan untuk membangkitkan semangat peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Adapun metode yang dilakukan pada penelitian ini berupa kualitatif deskriptif, yang mana peneliti akan menuliskan gambaran fenomena secara nyata apa adanya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Teknik penelitian yang dilakukan yaitu berupa observasi, penerapan RPP, dan dokumentasi seperti foto kegiatan dan pemberian pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui data-data yang diperlukan dari pandangan peserta didik. Setelah peniliti menerapkan metode ice breaking, peneliti menemukan bahwa metode ini memberikan perubahan yang signifikan untuk mesntimulus konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukan.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Nuraini, F., & Andriana, E. (2022). Penerapan Metode Ice Breaking Untuk Menstimulus Konsentrasi Peserta Didik Kelas 5A SDN Serang 21. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 282-289. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.797

Issue

Section

Articles