Analisis Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di SD Negeri Palembang

Authors

  • Nurlaeli Nurlaeli Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Puput Kurnia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tastin Tastin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Syarifuddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.810

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Nilai-nilai Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran tematik tema 7 serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran tematik tema 7. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik, pendidik.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan komponen teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi data dengan waktu penelitian di pagi hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya di dalam pembelajaran tematik tema 7 sub tema 1 “keragaman Suku Bangsa dan agama di Negeriku” 1). Belajar mengenai keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia 2). Bermain peran dan menyanyikan lagu daerah serta menghafalkan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”, 3). Mengenalkan ragam bahasa daerah di Indonesia 4). Mengenalkan keragaman agama yang ada di Indonesia, 5). Kunjunngan ke Museum Balaputra Dewa. Faktor pendukungnya ialah letak sekolah yang strategis yang mana sekolah dekat dengan masjid dan vihara serta peserta didik yang berasal dari suku bangsa yang berbeda- beda, kondisi kelas yang nyaman. Faktor penghambat di sekolah tidak terdapat tempat untuk beribadah, di pembelajaran yang masih sebagian daring masih terdapat tiga peserta didik yang tidak memiliki handphone sehingga mengharuskan ketiga peserta didik itu datang ke sekolah untuk belajar secara langsung dengan pendidik, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang mampu menanamkan nilai keadilan dan toleransi

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Nurlaeli, N., Kurnia, P., Tastin, T., & Syarifuddin, A. (2022). Analisis Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di SD Negeri Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 399-409. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.810

Issue

Section

Articles