Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk Kijing
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.877Keywords:
Ekstrakurikuler Pramuka; Pendidikan Karakter; Kedisiplinan SiswaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SD Negeri 1 Teluk Kijing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakter dan kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan untuk mengetahui dampak kegiatan pramuka dalam membentuk kedisiplinan siswa sekolah dasar 1 Teluk Kijing.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Pengambilan data-datanya berupa kata-kata (bukan angka-angka) yang berasal dari catatan laporan, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasilnya kemudian di analisis sehingga memperoleh kesimpulan sesuai dengan tujuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD 1 Teluk Kijing telah berjalan dengan baik, semua kegiatan telah di susun dalam bentuk program. Setiap program yang disusun menekankan penanaman karakter siswa terutama karakter disiplin dn tanggung jawab.Karakter dispilin pada siswa SDN 1 Teluk Kijing semenjak siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pramuka sudah mengalami peningkatan kearah yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dengan wali kelas, observasi dan penyebaran angket kepada siswa rata-rata presentase observasi dan angket siswa berada di kisaran 32-42 (≤ 84%) termasuk kategori disiplin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SDN 1 Teluk Kijing sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa pada sekolah ini