Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 90 Palembang

Authors

  • Wulan Purnama Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi
  • Mega Prasrihamni

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.892

Keywords:

Model Pembelajaran Mnemonic, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 90 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design dengan bentuk desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VA dan VB SD negeri 90 Palembang dengan jumlah total 44 orang siswa, dimana siswa kelas VA berjumlah 22 orang dan kelas VB berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan ini diperoleh data hasil belajar siswa pada tes akhir (posttest) di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata adalah 83,2 dan pada kelas kontrol nilai tes akhir (posttest) dengan nilai rata-rata adalah 68,6. Maka demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 90 Palembang.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Purnama, W., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 90 Palembang . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 109–118. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.892

Issue

Section

Articles