Analisis Nilai Karakter Toleransi Siswa Di Kelas IV SD Negeri 17 Palembang
Nilai dan Karakter Toleransi
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.911Keywords:
Nilai; Karakter ToleransiAbstract
.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter toleransi siswa di kelas IV SD Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Peneliti menggunakan sampel penelitian yaitu kepala sekolah, guru, siswa kelas IVA berjumlah 25 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik penggumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi untuk menggumpulkan data penelitian. Instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Lembar Observasi, Wawancara dan Angket. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa nilai karakter toleransi siswa di kelas IV SD Negeri 17 Palembang dikategorikan sebagian besar siswa, hal ini dilihat dari pengumpulan data yang diperoleh rata-rata 74,4%, dan dapat diartikan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki nilai karakter toleransi. Hal ini sudah cukup baik bagi siswa untuk belajar menerapkan nilai karakter toleransi yang ada pada diri siswa dikehidupan sehari–harinya.