Desain Didaktis Tema Benda Disekitarku Subtema Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Antika Destari Antika Destari UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah
  • Henni Riyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.923

Keywords:

Learning Obstacle; Hypothetical Learning Trajector;, Didactical Design Research (DDR)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain didaktis pada materi benda sekitarku subtema perubahan wujud benda, sehingga mampu mengatasi learning obstacle yang dialami siswakelas III SDN 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa kelas III dan 1 orang guru wali kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian berupa tes, catatan lapangan dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi materi benda sekitarku subtema perubahan wujud benda karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desain didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Antika Destari, A. D., Fahriza Fuadiah, N., & Riyanti, H. (2023). Desain Didaktis Tema Benda Disekitarku Subtema Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 208–226. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.923

Issue

Section

Articles