Desain Didaktis Tema Benda Disekitarku Subtema Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.923Keywords:
Learning Obstacle; Hypothetical Learning Trajector;, Didactical Design Research (DDR)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain didaktis pada materi benda sekitarku subtema perubahan wujud benda, sehingga mampu mengatasi learning obstacle yang dialami siswakelas III SDN 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa kelas III dan 1 orang guru wali kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian berupa tes, catatan lapangan dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi materi benda sekitarku subtema perubahan wujud benda karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desain didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.