Pengaruh Gender Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Yang Inklusif Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.928Keywords:
Gender; Motivasi; Kemampuan Literasi Dasar MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara: a) gender dan kemampuan literasi dasar membaca siswa, b) motivasi dengan kemampuan literasi dasar membaca siswa, c) gender dan motivasi secara bersama-sama dengan kemampuan literasi dasar membaca siswa. Penelitian ini merupakan peneliatian ex post facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas III di 5 Kecamatan Kabupaten Lombok Timur sedangkan sampel penelitiannya dilakukan di masing-masing 1 MI di tiap kecamatan yaitu siswa Kelas Rendah MI Hamzanwadi No. 01 Pancor (Kecamatan Selong), MI NW Korleko (Kecamatan Labuhan Haji), MI 2 Boro’ Tumbuh (Kecamatan Suralaga), MI NW Sukamulia (Kecamatan Sukamulia), dan di MI Yadinu 4 Masbagik (Kecamatan Masbagik). Sampel total berjumlah 136 siswa yang terdiri dari 71 siswa laki-laki dan 65 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi tes literasi dasar membaca siswa, angket untuk motivasi, dan data pribadi siswa untuk gender. Uji validitas dihitung dengan Korelasi Pearson Product Moment, serta Reliabilitas dihitung dengan teknik konsistensi internal Alpha Croanbach dengan bantuan aplikasi SPSS Version 25. Analisis data akan dimulai dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, autokorelasi heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Selanjutnya akan dilakukan uji hubungan antar variabel dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Ada pengaruh positif dan signifikan (p = 0,000 < 0,05) gender terhadap kemampuan literasi dasar membaca siswa kelas III MI di Kabupaten Lombok Timur; 2) Ada pengaruh positif dan signifikan (p = 0,000 < 0,05) motivasi terhadap kemampuan literasi dasar membaca siswa kelas III MI di Kabupaten Lombok Timur; dan 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan (p = 0,000 < 0,05) antara motivasi dan gender terhadap kemampuan literasi dara membaca siswa kelas III MI di Kabupaten Lombok Timur.
Kata Kunci : Gender, Motivasi, Kemampuan Literasi Dasar Membaca