Strategi Guru Dalam Mengajar Membaca Permulaan Berbantuan Media Gambar Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Sirah Pulau Padang

Authors

  • ahmad syarifuddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Wini Cantika Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Faisal Faisal Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Tastin Tastin Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.968

Keywords:

Strategi, Membaca Permulaan, Media Gambar

Abstract

penelitian strategi guru dalam mengajar membaca permulaan bertujuan mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan, hasil serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan medote deskriptif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan model miles dan herman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyanjiaan data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahawa : (1) strategi pembelajaran eksopitori dengan metode pengenalan suku kata pada pembalajaran membaca permulaan berbantuan media gambar sudah bagus, guru melaksanakanya pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pemebalajaran yang dibuatnya (2) setelah penerapan strategi  pembelajaran membaca permulaan, hasil membaca siswa kelas  1 sudah bagus 80% siswa yang lancar  membaca dan 20% siswa yang dalam tahap pengejaan dalam (3) adapun yang menjadi factor pendukung dan penghambatnya baik Spserti media gambar,semangat belajar anak, guru yang kreatif ini menjadi fkator pendukung dan yang menjadi.factor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran membaca permulaan ini yaitu alokasi waktu dan siswa yang pasif atau kurang aktif.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

syarifuddin, ahmad, Cantika, W., Faisal, F., & Tastin, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mengajar Membaca Permulaan Berbantuan Media Gambar Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Sirah Pulau Padang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 166–176. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.968

Issue

Section

Articles