Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Sape

Authors

  • Yeti kusmira Haryanto Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Universitas Mataram
  • Itsna Oktaviyanti Uniersitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.974

Keywords:

Kemampuan komunikasi; Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Sape. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Sape. Sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi yang berjumlah 80 siswa. Instrumen penelitian ini berupa kusioner tipe skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi guru memiliki hubungan yang signifikan dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Sape. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji korelasi (product moment) dengan nilai signifikansinya 0,000, yang artinya nilai sig < 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Selain itu kemampuan komunikasi guru memiliki hubungan yang kuat dengan minat belajar siswa ditunjukkan dengan kekuatan hubungan sebesar 0,699. Kemudian kemampuan komunikasi guru memiliki hubungan yang positif dengan minat belajar siswa. Artinya semakin baik komunikasi guru semakin baik pula minat belajar siswa.

 

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Haryanto, Y. kusmira, Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Sape. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.974

Issue

Section

Articles