Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.981Keywords:
ADDIE, Pop Up Book, IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book Sistem Pernapasan Manusia untuk kelas V Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Pop Up Book Sistem Pernapasan Manusia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode pengembangan yang digunakan dalampenelitian ini model ADDIE Analyze, Design, Devalopment, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian ini berupa media Pop Up Book pada materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar yang valid, efektif dan praktis. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan didapat dari kedua hasil validasi materi dan media. Skor yang diperoleh secara berturut yaitu 95%, 90% dengan kategori sangat valid. Setelah layak untuk diuji cobakan, maka peneliti melakukan uji lapangan di kelas V Sekolah Dasar dengan hasilpresentase 92% dengan kategori sangat efektif. Hasil agket respon siswa memperoleh skor presentase 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan peneliti ini adalah medi Pop Up Book layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas V Sekolah Dasar khususnya pada materi system pernapasan manusia.