Korelasi Keteramplan Berpikir Kritis Dengan Penguasaan Konsep Mahasiswa PGSD

Authors

  • Hasnawati Hasnawati Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.982

Keywords:

Keterampilan berpikir kritis, Penguasaan Konsep, Sains, Mahasiswa PGSD

Abstract

Keterampilan berpikir kritis (KBK) dan penguasaan konsep merupakan suatau kompetensi yang dibuhkan mahasiswa dalam mengembangkan diri dan sebagai bekal persiapan menjadi Guru profesional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara KBK dengan penguasaan konsep sains mahasiswa. Desain penelitian korelasional dengan jenis expost fakto. Sampel penelitian berjumlah 118 mahasiswa pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD yang dipillih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes penguasaan konsep dan KBK. Analisis data dengan statistik inferensial berupa uji korelasi pearson dan uji klasik/prasyarat yaitu uji linearitas dan Normalitas Data. Hasil analisis data menunjukkan data berditribusi normal dan linear serta hasil uji korelasi diperoleh nilai sig.  0,000<0,005 dan nilai r hitung 0,818 yang mengandung makna terdapat hubungan signifikan dan positif antara KBK dengan penguasaan konsep sains mahasiswa dengan katagori hubungan sangat kuat. Koefisien determinasi diketahui bahwa 66,91% KBK turut menentukan tingkat penguasaan konsep sains mahasiswa

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Hasnawati, H., Widodo, A. ., & Syazali, M. (2023). Korelasi Keteramplan Berpikir Kritis Dengan Penguasaan Konsep Mahasiswa PGSD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 253–265. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.982

Issue

Section

Articles