Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Pedagang Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i1.954Keywords:
Digital Marketing, Pandemi, Pedagang TradisionalAbstract
Perekonomian menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Sektor perekonomian menunjukkan penurunan yang signifikan selama pandemi sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa kembali stabil. Hal ini juga dialami oleh pelaku usaha khususnya para pedagang yang ada di desa Simorejo-Kabupaten Bojonegoro. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya wawasan mereka tentang pemasaran online atau lebih dikenal dengan digital marketing, sehingga mereka hanya mengandalkan penjualan secara offline. Dari permasalahan tersebut penelitian kami bertujuan memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada pedagang di Simorejo tentang pentingnya digital marketing untuk meningkatkan penjualan mereka. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara kepada pedagang di Simorejo. Permasalahan yang menjadi fokus kami yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat yang belum mengenal digital marketing dengan cara membuatkan akun sosial media dan pembinaan dalam mengelola akun sosial media.
Dari hasil edukasi dan pembinaan tersebut terlihat bahwa para pedagang sangat antusias dalam menggunakan sosial media sebagai media promosi produk yang mereka jual. Dari keseluruhan program yang kami laksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan mengenalkan masyarakat khususnya para pedagang kepada media digital marketing dan menerapkannya dalam penjualan produknya ternyata menunjukkan hasil yang efektif. Hal ini dibuktikan bahwa setelah melakukan penjualan dengan digital marketing bisa meningkatkan omset pedagang yang sebelumnya mengalami penurunan selama pandemic.
References
Agustin, A.T. 2021. “Strategi Penjualan di Masa Pandemi”. Hasil Wawancara Pribadi: 21 Agustus 2021, Patoman Simorejo Kanor.
Agustin, E., & Puspaningtyas, M. 2021. Efektivitas Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Instagram pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Akun Instagram @smilesyndrome.id. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1 (3): 76-77.
Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani. 2020. Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1 (3): 385.
Astuti, I.I. 2021. UMKM Sebagai Pembangkit Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi Berbasis Digital Marketing. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1 (1): 60.
Fakhriyyah, D.D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. 2020. Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi di Masa pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1 (4): 315.
Lestari, P., & Saifuddin, M. 2020. Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian melalui Digital Marketing saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA)A, 3 (2): 28.
Mahalaxmi, K.R., & Ranjith, P. 2016. A study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal for Innovative Research in Science and Technology, 2 (10): 332-338.
Pratiwi, D.K. 2021. Inovasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia. Amnesti: Jurnal Hukum, 3 (1): 32-42.
Sunardi, N., dkk. 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi UKM Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah pandmi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat HUMANIS, 2 (1): 23.
Yustika, A.E., dkk. 2020. VIRUS CORONA: VIRUS DEGLOBALISASI Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional. Bogor: PT Penerbit IPB Press