Pelatihan Kreatif Desain Canva Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Bumigora

Authors

  • Rizal Ramdani UNIVERSITAS BUMIGORA
  • Putri Amalia Wardi
  • Rini Adriani Auliana
  • M. Chothibul Umam Assa'ady
  • Bukran Bukran

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1729

Keywords:

Desain, Kompetensi Digital, Kreatif

Abstract

Di era digital saat ini, mahasiswa dihadapkan pada tantangan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengadopsi strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan, khususnya keterampilan desain menggunakan Canva. Metode yang diterapkan meliputi sosialisasi dan pelatihan. Pada tahap sosialisasi, pemateri memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai penggunaan Canva. Selanjutnya, pada tahap pelatihan, mahasiswa dibimbing secara langsung oleh pemateri untuk merancang dan membuat desain mereka sendiri berdasarkan materi yang telah disampaikan pada sesi sosialisasi. Dengan demikian, kegiatan pengabdian dalam desain Canva ini dianggap sebagai sarana yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menyelesaikan studi dan meraih peluang kerja di masa depan.

References

APJII. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024.

Huda, M. C. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru di SDN I Notorejo. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(10), 1532–1540.

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., & Surbakti, A. H Wahyuningsih, S. K Batubara, M. H. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53.

Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Strom, K. J., & Viesca, K. M. (2023). Towards a complex framework of teacher learning-practice. In Non-Linear Perspectives on Teacher Development, 13–28.

Supriyadi, Christian, A., Suryani, I., & Rusdi, I. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Promosi Media Sosial TikTok Pada Fatayat NU. Jurnal Altifani, 2(6), 566–572. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i6.290

Susanti, P. A., Hadjaat, M., Wasil, M., & Susilawati, A. D. (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2), 12–21.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Ramdani, Rizal, Putri Amalia Wardi, Rini Adriani Auliana, M. Chothibul Umam Assa’ady, and Bukran Bukran. 2024. “Pelatihan Kreatif Desain Canva Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Bumigora”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 3 (2):51-57. https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1729.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.