Kontribusi Mahasiswa KKN Melalui Pendampingan Literasi Keagamaan Di Desa Karang Sidemen
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i1.1500Keywords:
Agama, Literasi, MasyarakatAbstract
Pendampingan literasi yang dilakukan dalam kegiatan Bersama mahasiswa KKN IAI Hamzanwadi Pancor berlandaskan kondisi lapangan dan dalam pelaksanaan pendampingan ini melibatkan berbagai pihak dan dilapisan masyarakat baik dari yang muda sampai dewasa. Pengabdian ini dilakukan di desa karang sidemen selama dua bulan metode pelaksanaan pendampingan ini mengikuti memalui proses survei, sosialisasi sampai partisipasi hingga terlaksananya pendampingan. Hasil yang diperoleh dalam pendampingan ini bahwa masyarakat sidemen banyak yang belum oasih baca tulis Al-Qur’an ataupun intensitas mempelajari al-qur’an semakin meningkat dan kesadaran akan pentingnya hal itu menjadi perioritas pemerintah desa.
References
Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Kalim
Fuadi, Imam. 2004. Menuju Kehidupan Sufi. Jakarta: Bina Ilmu
Herabudin. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Jalaludin. 2001. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. 2007. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka
Marzuki.2012. Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Penerbit Ombak
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Palupi, Aprida Niken, dkk. 2020. Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar.Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia