Pendampingan Belajar Literasi dalamKegiatan Keagamaan Di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1768Keywords:
Pendampingan belajar literasi, kegiatan keagamaan, Desa Karang Sidemen, literasi, pendidikan anak.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis proses pendampingan belajar literasi dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Di tengah tantangan rendahnya tingkat literasi di sejumlah wilayah pedesaan, kegiatan keagamaan menjadi salah satu sarana yang efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi masyarakat, terutama dalam membaca dan menulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan literasi yang dilakukan dalam kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an), memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca, pemahaman terhadap teks-teks keagamaan, serta keterampilan menulis. Masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, mendapatkan kesempatan untuk belajar sambil berinteraksi dengan nilai-nilai keagamaan, yang diharapkan dapat memperkuat karakter dan meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan di Desa Karang Sidemen tidak hanya berfungsi sebagai wadah ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran literasi yang integral bagi pembangunan sumber daya manusia di tingkat lokal.
References
Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Kalim
Fuadi, Imam. 2004. Menuju Kehidupan Sufi. Jakarta: Bina Ilmu
Herabudin. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Jalaludin. 2001. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. 2007. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka
Marzuki.2012. Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Penerbit Ombak
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Palupi, Aprida Niken, dkk. 2020. Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar.Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.