Pendampingan Belajar Literasi dalamKegiatan Keagamaan Di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Hikmatul Maula IAI Hamzanwadi Pancor
  • Rizkul Hamkani IAI Hamzanwadi Pancor
  • M Abdullah IAI Hamzanwadi Pancor
  • Pita Sari IAI Hamzanwadi Pancor
  • M Ozizul Rahman IAI Hamzanwadi Pancor
  • Yeni Sulisnaini IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1768

Keywords:

Pendampingan belajar literasi, kegiatan keagamaan, Desa Karang Sidemen, literasi, pendidikan anak.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis proses pendampingan belajar literasi dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Di tengah tantangan rendahnya tingkat literasi di sejumlah wilayah pedesaan, kegiatan keagamaan menjadi salah satu sarana yang efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi masyarakat, terutama dalam membaca dan menulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan literasi yang dilakukan dalam kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an), memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca, pemahaman terhadap teks-teks keagamaan, serta keterampilan menulis. Masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, mendapatkan kesempatan untuk belajar sambil berinteraksi dengan nilai-nilai keagamaan, yang diharapkan dapat memperkuat karakter dan meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan di Desa Karang Sidemen tidak hanya berfungsi sebagai wadah ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran literasi yang integral bagi pembangunan sumber daya manusia di tingkat lokal.

References

Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Kalim

Fuadi, Imam. 2004. Menuju Kehidupan Sufi. Jakarta: Bina Ilmu

Herabudin. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Jalaludin. 2001. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. 2007. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka

Marzuki.2012. Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Penerbit Ombak

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Palupi, Aprida Niken, dkk. 2020. Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar.Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Hikmatul Maula, Rizkul Hamkani, M Abdullah, Pita Sari, M Ozizul Rahman, and Yeni Sulisnaini. 2024. “Pendampingan Belajar Literasi DalamKegiatan Keagamaan Di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 3 (2):81-90. https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1768.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.