Pengabdian Edukatif di Desa Darmasari Sinergi Ilmu, Nilai, dan Keteladanan untuk Pemberdayaan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani(jurnalpengabdianpadamasyarakat).v4i1.2325Keywords:
Kuliah Kerja Nyata, pengabdian edukatif, nilai sosial, literasi, pemberdayaan masyarakatAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai wujud implementasi ilmu, nilai, dan sikap yang diperoleh selama perkuliahan. Kegiatan KKN di Desa Darmasari ini mengusung tema “Pengabdian Edukatif: Menggerakkan Masyarakat Lewat Ilmu, Nilai, dan Teladan”, dengan fokus pada program-program non-materil yang bersifat edukatif dan transformatif. Melalui pendekatan partisipatif, program ini melibatkan masyarakat dalam kegiatan literasi anak, penyuluhan nilai-nilai kebangsaan dan etika sosial, pelatihan soft skill remaja, serta pembiasaan pola hidup sehat berbasis edukasi keluarga.
Tujuan utama kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran kritis dan memberdayakan masyarakat melalui transfer pengetahuan, pembentukan karakter, serta pemberian teladan langsung oleh mahasiswa sebagai agen perubahan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembelajaran, tumbuhnya inisiatif warga dalam mengembangkan program serupa secara mandiri, serta terciptanya hubungan sosial yang lebih kolaboratif antara mahasiswa dan warga desa. KKN edukatif ini membuktikan bahwa perubahan sosial tidak selalu ditentukan oleh bantuan material, melainkan oleh nilai dan ilmu yang ditanamkan secara konsisten dan menyentuh aspek-aspek mendasar dalam kehidupan masyarakat
References
Atika Ulfia Adlina,”Hubungan Kesadaran Diri dan Penghayatan Asma’ul Husna Dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah NU Banat Kudus” (IAIN Walisongo,2009).
Suhaemi, and Muh Zakaria. “Revolusi Mental Masyarakat Pedesaan Melalui Pendampingan Dan Pelatihan Life Skill.” Al Madani 1, no. 1 (August 28, 2022): 58–73. doi:10.37216/al-madani.v1i1.737.
Dicky Hastjarjo,”Sekilas Tentang Kesadaran(Consiusness),”Buletin Psikologi 13 (2005): 80.
Sujarwa, Manusia Dan Fenomena Budaya ( Yogyakarta : Pustaka Pelajar,1999),115
Zakaria, Muh, and Ririn Aprilia. “Interdependensi Keluarga Broken Home Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 22, no. 1 (June 22, 2024): 54–71. doi:10.37216/tadib.v22i1.1562.
Kusuma Widjaja,Pengantar Psikologi(Batam:Interaksara, t.t.)
Zakaria, Muh, and Syamsul Rizal. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Jerowaru Melalui Program Penghijauan Dan Pendidikan Agama Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Sehat Dan Berkarakter.” Al Madani 3, no. 2 (December 1, 2024): 36–50. doi:10.37216/al-madani.v3i2.1763.
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-12 (2)
- 2025-06-08 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.