Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Sanggar Belajar Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Di Dusun Lepak, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur.
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1786Keywords:
Kata kunci: Peran,Mahasiswa,PendidikanAbstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Di Indonesia, pemerataan akses pendidikan masih menjadi tantangan, terutama di wilayah pedesaan yang terkadang minim sarana dan prasarana pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami dilakukan di Dusun Lepak, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur,dengan tujuan utama untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat dan mendukung peningkatan pendidikan anak-anak di desa tersebut. Meskipun antusiasme dan semangat belajar anak-anak di Dusun Lepak sangat tinggi, kekurangan tenaga pengajar menjadi hambatan besar dalam pencapaian Pendidikan yang maksimal. Artikel ini berjudul "Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Sanggar Belajar Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Di dusun Lepak Kecamatan Sakra Timur. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) serta melakukan observasi lapangan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan di desa. Hasil dari kegiatan KKN memberikan gambaran tentang semangat dan antusiasme anak-anak serta Masyarakat terhadap peran mahasiswa sebagai tenaga pengajar dalam mendukung pendidikan di Desa Lepak melalui berbagai kegiatan pendidikan formal dan non-formal yang dilaksanakan oleh KKN Kelompok 64 Universita Hamzanwadi.
Kata kunci: Peran,Mahasiswa,Pendidikan.
References
Azizah, N. (2019). Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Pendidikan Masyarakat Melalui Program KKN. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 8(2), 45-58.
Hidayat, A. (2020). Pengaruh Sanggar Belajar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 123-136.
Mulyadi, S. (2021). Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Membangun Desa Melalui Program KKN. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 32-45
Aliyyah, R. R., et al. (2021). Kuliah kerja nyata: Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Lestari, S., Ardian, N., & Harahap, N. (2021). Implikasi kuliah kerja nyata (KKN) dalam mendidik generasi Qurani di masa pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2045
Muslim, A. H., & Zulbaidah. (2021). Pemberdayaan pendidikan pengetahuan dasar dan keagamaan masyarakat di Dusun Kaduheleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(19), 110.
Ni’am, K. Y., & Lubis, F. A. (2019). Peran mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan di Desa Cibanteng. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 401. https://doi.org/10.32832/abdidos.v3i4.468
Nugraha Wahyudi, D., et al. (2021). KKN DR Sisdamas: Pelaksanaan pendidikan Islam di Kampung Cibiru Beet. (Desember).