Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Sanggar Belajar Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Di Dusun Lepak, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur.

Authors

  • Faizal Haris Akbar No
  • Muhammad izza Mahendra Universitas Hamzanwadi
  • M Zafaril Irdan Universitas Hamzanwadi
  • Fauzi Zikrullah Universitas Hamzanwadi
  • Sahroan Universitas Hamzanwadi
  • Siti Maulida yanti Universitas Hamzanwadi
  • Fina Alpania Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1786

Keywords:

Kata kunci: Peran,Mahasiswa,Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Di Indonesia, pemerataan akses pendidikan masih menjadi tantangan, terutama di wilayah pedesaan yang terkadang minim sarana dan prasarana pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami dilakukan di Dusun Lepak, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur,dengan tujuan utama untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat dan mendukung peningkatan pendidikan anak-anak di desa tersebut. Meskipun antusiasme dan semangat belajar anak-anak di Dusun Lepak sangat tinggi, kekurangan tenaga pengajar menjadi hambatan besar dalam pencapaian Pendidikan yang maksimal. Artikel ini berjudul "Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Sanggar Belajar Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Di dusun Lepak Kecamatan Sakra Timur. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) serta melakukan observasi lapangan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan di desa. Hasil dari kegiatan KKN memberikan gambaran tentang semangat dan antusiasme anak-anak serta Masyarakat terhadap peran mahasiswa sebagai tenaga pengajar dalam mendukung pendidikan di Desa Lepak melalui berbagai kegiatan pendidikan formal dan non-formal yang dilaksanakan oleh KKN Kelompok 64 Universita Hamzanwadi.

Kata kunci: Peran,Mahasiswa,Pendidikan.

References

Azizah, N. (2019). Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Pendidikan Masyarakat Melalui Program KKN. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 8(2), 45-58.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh Sanggar Belajar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 123-136.

Mulyadi, S. (2021). Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Membangun Desa Melalui Program KKN. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 32-45

Aliyyah, R. R., et al. (2021). Kuliah kerja nyata: Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Lestari, S., Ardian, N., & Harahap, N. (2021). Implikasi kuliah kerja nyata (KKN) dalam mendidik generasi Qurani di masa pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2045

Muslim, A. H., & Zulbaidah. (2021). Pemberdayaan pendidikan pengetahuan dasar dan keagamaan masyarakat di Dusun Kaduheleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(19), 110.

Ni’am, K. Y., & Lubis, F. A. (2019). Peran mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan di Desa Cibanteng. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 401. https://doi.org/10.32832/abdidos.v3i4.468

Nugraha Wahyudi, D., et al. (2021). KKN DR Sisdamas: Pelaksanaan pendidikan Islam di Kampung Cibiru Beet. (Desember).

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Haris Akbar, Faizal, Muhammad izza Mahendra, M Zafaril Irdan, Fauzi Zikrullah, Sahroan, Siti Maulida yanti, and Fina Alpania. 2024. “Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Sanggar Belajar Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak Di Dusun Lepak, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 3 (2):107-15. https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i2.1786.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.