Pendampingan Dan Pelatihan Keterampilan Tangan Pengentasan Buta Aksara Upaya Memaksimalkan Potensi Masyarakat Desa

Authors

  • Samsul Rizal IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i2.843

Keywords:

potensi masyarakat, buta aksara, pendampingan, kerajinan tangan

Abstract

Program pengabdian­­-PAR kali ini mengambil judul Upaya Memaksimalkan Potensi Masyarakat dan Pengentasan Buta Aksara melalui Pendampingan dan Pelatihan Keterampilan Tangan di Desa Gontoran Kec. Lingsar Kab. Lombok Barat NTB. Hasil Observasi menunjukkan bahwa masih lemahnya kondisi ekonomi masyarakat karena disamping IPM masyarakatnya masih rendah juga disebabkan lapangan kerja yang terbatas dan angkatan kerja yang semakin bertambah. Selain itu tingkat angka buta aksara dari usia sekolah sampai usia 46 tahun keatas tercatat sebanyak 100 jiwa yang tidak mampu membaca dan menulis (buta aksara) dan kondisi tersebut rata-rata disemua dusun yang ada.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa dalam kehidupan sosial masyarakat desa Gontoran luput dari hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan anak-anak meskipun pada sebagian kelompok pun peduli akan hal itu, namun yang menjadi permasalahannya adalah kurangnya tekanan yang sifatnya mendasar pada pemahaman syari’at untuk anak-anak mereka. Beberapa program penerapan yang telah tim Pengabdian-PAR laksanakan terbagi ke dalam 3 jenis kegiatan diantaranya: pendidikan keagamaan, keterampilan tangan dan berbagai kegiatan social. Masyarakat di desa ini berharap IAI Hamzanwadi Pancor sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Lombok Timur agar selalu menjadi mitra masyarakat dan dapat menfasilitasi masyarakat dalam upaya mengurangi permasalahan yang ada.

 

References

Ahmad Mahmudi, Kuliah Pengantar tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. (Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2002).

Budhy Munawar Rachman, Islam Pluralis: Wacana Kesetaraan kaum Beriman. (Jakarta: Paramadina, 2001).

Kemmis, S., and McTaggert, R., (1990). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

Kusnaka Adi Mihardja dan Harry Hikmat, Participatory Research Appraisal dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat, (Bandung: Humaniora, 2003)

McKernan, J., (1991). Curriculum Action Research: A Handbook of Methods and Resources for the Reflective Practitioner. London: Kogan.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rizal, Samsul. 2023. “Pendampingan Dan Pelatihan Keterampilan Tangan Pengentasan Buta Aksara Upaya Memaksimalkan Potensi Masyarakat Desa”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 1 (2):146-63. https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i2.843.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.