Pengaruh Penndidikan Non-Formal Bimbel Terhadap Hasil Belajar Tematik Di SD 092 Muhammadiyah Jarai

Authors

  • Desti Ftriani STIT KOTA PAGARALAM

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1440

Abstract

Abstrak

Desti fitriani, Nim:20.05.100 “Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel Terhadap Hasil Belajar Tematik Di SD 092 Muhammadiyah Jarai”

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendidikan nonormal terhadap hasil belajar tematik siswa SD 092 Muhammadiyah Jarai. Permasalah dalam penelitian ini yakni masih terbatasnya waktu pembelajaran tematik hanya dua jam dalam satu minggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan non-formal bimbel terhadap hasil belajar tematik pada siswa SD 092 Muhammadiyah Jarail. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini diambil secara sengaja (purposive sampling)  yaitu berjumlah 32 orang. Adapun data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM spss statistic Version 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan non-formal bimbel terhadap hasil belajar tematik pada siswa SD 092 Mhammadiyah Jarai

Kata kunci; Pendidikan non-formal, Hasil belajar Tematik.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Ftriani, D. (2024). Pengaruh Penndidikan Non-Formal Bimbel Terhadap Hasil Belajar Tematik Di SD 092 Muhammadiyah Jarai. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 217–228. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1440