Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menigkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus di SD Negeri Citembong 02 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap)
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1545Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru; Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kualitas pembelajaran akan dipengaruhi oleh beberapa aspek. Salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas pembelajaran adalah kompetensi pedagogik guru. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki guru dalam mengajar di kelas. Dengan kompetensi pedagogik yang baik maka diharapkan kualitas pembelajaranpun akan terus meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Citembong 02 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap ; 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Citembong 02 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap ; 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan mengimplementasikan kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Citembong 02 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap . Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru di SD Negeri Citembong 02 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap untuk peningkatan kualitas pembelajaran telah dilaksanakan sesuai standar yang berlaku sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun demikian ada sub aspek yang perlu ditingkatkan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran; 2) Banyak hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hambatan mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.