Pengembangan Media Pemebelajaran Misteri Box Sebagai Peningkatan Kognisi IPAS Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2112Abstract
Penelitian di tujukan ini untuk meningkatkan kemampuan kognisi siswa dalam pembelajaran IPAS melalui pengembangan media pembelajaran inovatif berupa Mystery Box. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi IPAS yang berdampak pada rendahnya kognisi siswa. Penelitian dilakukan di MI Assuniyyah Kencong dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV dan V serta guru mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mystery Box mampu meningkatkan aspek pengetahuan siswa dari 55% menjadi 85% dan aspek pemahaman dari 52% menjadi 80%. Selain itu, sebanyak 87% siswa menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan 78% merasa lebih percaya diri saat menjelaskan materi. Temuan ini mengindikasikan bahwa Mystery Box merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa secara interaktif, menyenangkan, dan bermakna..