Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Ektrakurikuler Tari Eklek Dalam Membangun Karakter Bergotong Royong Siswa Sekolah Dasar Negerei 4 Puyung
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2189Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Tari Eklek meningkatkan kerja sama timbal balik di antara siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 4 Punung. Kebutuhan untuk meningkatkan Profil Siswa Pancasila, khususnya nilai-nilai gotong royong, menjadi inti dari penelitian ini, yang mengambil pendekatan kontekstual dan menghibur bagi siswa. Metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi siswa, pembimbing tari, dan orang tua siswa. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan Tari Eklek memiliki dampak substansial pada keterampilan kerjasama timbal balik siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kerjasama, empati, dan akuntabilitas siswa dalam praktik dan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, metode reflektif yang digunakan dalam pendidikan tari membantu siswa memahami nilai kerja tim dan kontribusi individu untuk kesuksesan kolektif. Kegiatan ekstrakurikuler Tari Eklek mempromosikan nilai-nilai Pancasila melalui media seni dan budaya yang menarik dan bermakna.
Kata kunci: Tari eklek; Gotong-royong; Karakter siswa; Profil pelajar pancasila; Ekstrakulikuler seni.