Pengaruh Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Negeri 95 Palembang
Keywords:
Media PAKAPIN, Meningkatkan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan kantong pintar (PAKAPIN) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V SD Negeri 95 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu (X) ; Media PAKAPIN dan (Y) ; Hasil belajar. jenis desain yang digunakan peneliti yaitu Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Design terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Poplasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh yang dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA yang berjumlah 31 siswa dan Kelas VB berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dihitung menggunakan SPSS Versi 26 dengan kritetia jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan HO ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka diperoleh nilai sig pada uji Independent sampel t test nilai sig (2-tailed) yang diperoleh yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya Ha diterima dan HO ditolak, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) dalam pembelajaran bahasa indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas V. dengan kata lain penggunakan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan memberikan pengaruh yang signifikan