Pengaruh Penggunaan Media Digital Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SD Assunniyah

Authors

  • Izzatur Rohmah Universitas Al-Falah Assunniyah

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2215

Keywords:

Media digital interaktif, hasil belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji bagaimana media digital interaktif mempengaruhi hasil belajar siswa dalam matematika di SD Assunniyyah Kencong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan afektif setelah menggunakan media digital interaktif. Untuk penyelidikan ini, pendekatan kuantitatif menggunakan desain eksperimen dipilih. Siswa di kelas empat yang dipilih menggunakan metode purposive sampling menjadi sampel. Pretest, posttest, kuesioner, observasi, dan wawancara termasuk di antara teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Penggunaan media digital interaktif sangat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam ranah kognitif maupun afektif, menurut analisis yang dilakukan dengan Paired Sample T-Test. Wawasan yang diperoleh dari wawancara guru dan siswa mendukung kesimpulan ini lebih jauh. Dengan demikian, telah dibuktikan bahwa media digital interaktif dapat berhasil meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dalam matematika.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Izzatur Rohmah. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Digital Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SD Assunniyah. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 141–153. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2215