Pengaruh Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Religius Siswa: Suatu Studi Kepustakaan

Authors

  • Asip Ependi Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Muhammad Adib Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Dimas Raba Pramodana Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Fadila Rahmah Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Nanang Supriadi Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung
  • Ali Murtadho Universitas Islam Raden Intan Lampung, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2243

Keywords:

Pembentukan Karakter, Asmaul Husna, Perilaku Religius, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembacaan Asmaul Husna terhadap perilaku religius siswa melalui pendekatan studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik library research, yang melibatkan analisis terhadap berbagai literatur, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Data dikumpulkan dari sumber-sumber terpercaya yang membahas implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam konteks pendidikan dan pembentukan karakter religius siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembacaan Asmaul Husna secara rutin dapat meningkatkan aspek-aspek perilaku religius siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kedisiplinan. Hal ini disebabkan oleh internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Asmaul Husna, yang mendorong siswa untuk meneladani sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembacaan Asmaul Husna dapat dijadikan sebagai strategi efektif dalam pembentukan karakter religius siswa di lingkungan pendidikan

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Ependi, A., Adib, M., Pramodana, D. R., Rahmah, F., Pahrudin, A., Supriadi, N., & Murtadho , A. (2025). Pengaruh Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Religius Siswa: Suatu Studi Kepustakaan. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 208–219. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2243