Pengaruh Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Religius Siswa: Suatu Studi Kepustakaan
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2243Keywords:
Pembentukan Karakter, Asmaul Husna, Perilaku Religius, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembacaan Asmaul Husna terhadap perilaku religius siswa melalui pendekatan studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik library research, yang melibatkan analisis terhadap berbagai literatur, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Data dikumpulkan dari sumber-sumber terpercaya yang membahas implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam konteks pendidikan dan pembentukan karakter religius siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembacaan Asmaul Husna secara rutin dapat meningkatkan aspek-aspek perilaku religius siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kedisiplinan. Hal ini disebabkan oleh internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Asmaul Husna, yang mendorong siswa untuk meneladani sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembacaan Asmaul Husna dapat dijadikan sebagai strategi efektif dalam pembentukan karakter religius siswa di lingkungan pendidikan