Manajemen Program Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Kelompok Kerja Guru Olahraga Di Kecamatan Praya
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2289Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi fungsi manajemen dalam peningkatan kompetensi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) melalui Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) di Kecamatan Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Fokus kajian diarahkan pada penerapan fungsi manajemen POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, dan Pengawasan) dalam pengelolaan program KKGO. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, dengan informan terdiri atas guru PJOK anggota KKGO, pengurus, kepala sekolah, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilaksanakan secara partisipatif berdasarkan identifikasi kebutuhan riil guru. Pengorganisasian dilakukan melalui struktur kelembagaan yang sistematis dan distribusi tugas yang proporsional. Pelaksanaan program berlangsung secara rutin, inovatif, dan berorientasi pada peningkatan kompetensi profesional. Fungsi pengawasan diterapkan melalui evaluasi berkala yang menghasilkan umpan balik untuk perbaikan berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan manajemen berbasis POAC berkontribusi signifikan terhadap efektivitas dan keberlanjutan program pengembangan kompetensi guru PJOK dalam kerangka komunitas belajar profesional. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pentingnya penguatan kapasitas kelembagaan KKGO sebagai strategi sistematis dalam mendukung pengembangan profesi guru secara berkelanjutan.