Pengaruh Penerapan Supervisi Klinis, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Misroyani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Penerapan supervisi klinis (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2) dan Budaya sekolah (X3) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode multiple korelasional yang dilaksanakan di sekolah dasar negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Populasi penelitian adalah 1.616 orang guru PNS dengan sampel 321 orang guru yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (Google form). Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan supervisi klinis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 2,8%; 2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 7,2%; 3) budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 4,1%; dan 4) Penerapan supervisi klinis, kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh secara simultan, positif dan signifikan sebesar 7,3% terhadap kinerja guru. Kesimpulannya adalah bahwa secara bersama-sama dan signifikan variabel penerapan supervisi klinis, kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Misroyani. (2025). Pengaruh Penerapan Supervisi Klinis, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 241–250. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2290