Optimalisasi Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru dan Kualitas Pembelajaran di Gugus IX Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Novi Dian Juniarti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2291

Keywords:

KKG; kompetensi guru; kualitas pembelajaran; faktor pendukung; kendala.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran di Gugus IX Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG berperan penting dalam peningkatan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru melalui kegiatan berbagi praktik baik, refleksi, serta materi-materi yang relevan yang dibahas dalam KKG. Selain itu, melalui kegiatan tersebut, KKG juga memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, seperti terciptanya suasana kelas yang kondusif, peningkatan dukungan psikologis terhadap siswa, dan efektivitas pemahaman materi. Faktor pendukung utama keberhasilan pelaksanaan KKG meliputi motivasi guru, dukungan kepala sekolah, serta manajemen KKG yang terstruktur. Adapun kendala yang dihadapi adalah rendahnya penguasaan TIK, keterbatasan waktu, serta kurangnya dukungan dari dinas pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan adanya penguatan kelembagaan dan pelatihan berbasis kebutuhan lokal.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Novi Dian Juniarti. (2025). Optimalisasi Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru dan Kualitas Pembelajaran di Gugus IX Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 228–233. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2291