Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint 'TRAIL' Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 6 SD Negeri di Kecamatan Petarukan

Authors

  • Mokhamad Heri Prasetyo Heri Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Rahmad Agung Nugroho Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2347

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif PowerPoint"TRAIL" berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas 6 SD Negeri di Kecamatan Petarukan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Proses analisis kebutuhan dilakukan melalui survei dan wawancara dengan guru serta siswa untuk memahami kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA serta menentukan media yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android dapat mengatasi hambatan dalam pembelajaran IPA, meningkatkan partisipasi siswa, serta mempermudah pemahaman materi. Uji coba yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini. Media tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif.

Kata kunci: Media pembelajaran; PowerPoint interaktif; Android; IPA; hasil belajar.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Heri, M. H. P., Rahmad Agung Nugroho, & Munadi. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint ’TRAIL’ Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 6 SD Negeri di Kecamatan Petarukan. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 180–187. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2347