Analisis Kebutuhan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media AI Canva Pada Materi Perkalian

Authors

  • Ika Putri Sundari Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Taufiqulloh Universitas Pancasakti Tegal Indonesia
  • Yoga Prihatin Universitas Pancasakti Tegal Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2348

Keywords:

Pembelajaran matematika , Media AI Canva , Ahmad, S. (2018). Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Satu Langkah di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 171. Anton Zulkarnain Sianipar, dkk. (2021). Pengembangan Modul Statistik Berbasis QR Code Untuk Melatih Hight Order Thingking Skills (HOTS) Mahasiswa. Jurnal of Information System, Applied, Management, Accounting, 272. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rahagrafindo Persada. Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Darmanto., Yulius Hari, dan Budi Hermawan. 2015. Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Teknik Informatika (Janapati). Vol. 4 No. 1: 1-6. Deni Karisma, Melva Zainil. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data Berbasis QR-Code Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 148. Fadillah. (2014). Edutaiment Pedidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Lingkar Widyaiswara, 108. Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Develovment. Malang: Literasi Nusantara. Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran . Malang: Gunung Samudera. Masniladevi, Prahmana, R., Helsa, Y., & Dalais, M. (2019). Teachers ’ Ability In Using Math Learning Media. Journal of Physics, 1–5. Ma'arif, S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Keatif Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X SMA N1 Belitang III. Palembang: Proceedings Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang. 94 Mawaddah, dkk. (2018). Pengembangan Media Interaktif berbantuan QR Code pada Materi Tumbuhan Paku Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 24. Meliawati, E. (2020). Pengembangan media Konardo (Kartu Kronologi Sejarah Indonesia) Berbasis Qr-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kebutuhan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar melalui pemanfaatan media AI Canva pada materi perkalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di beberapa sekolah dasar di Jakarta. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru matematika, observasi di kelas, serta kajian terhadap dokumen pembelajaran yang ada. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media AI Canva dapat membantu siswa dalam memahami konsep perkalian secara lebih efektif, dengan menyajikan materi secara visual yang menarik dan interaktif. Respon dari guru dan siswa terhadap media ini cenderung positif, karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan media pembelajaran berbasis AI terus diperluas, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Sundari, I. P., Taufiqulloh, & Yoga Prihatin. (2025). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media AI Canva Pada Materi Perkalian. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 102–109. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2348