Penggunaan Buku Cerita Bergambar Berbasis Canva dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 SD

Authors

  • Herlina Widiyasari Herlina Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Taufiqulloh Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Yoga Prihatin Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2349

Keywords:

Kemampuan membaca siswa; Pembelajaran Menggunakan Media Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan buku cerita bergambar yang berbasis Canva terhadap peningkatan pemahaman membaca siswa kelas 2 SD. Keterampilan membaca di usia dini sangat vital dalam membentuk dasar literasi yang kuat, yang selanjutnya mempengaruhi keberhasilan akademik siswa. Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami teks bacaan, terutama jika teks tersebut kurang didukung oleh elemen visual yang membantu mereka dalam proses pemahaman. Untuk itu, buku cerita bergambar yang dirancang menggunakan Canva dipilih sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat memfasilitasi pemahaman siswa terhadap teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang terdiri dari enam tahap, yakni identifikasi masalah, analisis kebutuhan, desain media, pengembangan media, penerapan di kelas, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku cerita bergambar berbasis Canva memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman membaca siswa, yang terlihat dari perbandingan skor pre-test dan post-test. Selain itu, media ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar para pendidik menggunakan Canva sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran membaca

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Herlina, H. W., Taufiqulloh, & Yoga Prihatin. (2025). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Berbasis Canva dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 234–240. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2349