Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul IPAS Berbasis Website Dengan Penerapan Model Think Pair Share (TPS)

Authors

  • Azhari Khofyanul Hakiem Universitas Pancasakti Tegal
  • Basukiyatno Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2350

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Modul IPAS, Website, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran IPAS berbasis website yang diintegrasikan dengan model Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Analisis kebutuhan ini dilakukan berdasarkan tahapan pertama analisis (Analyze) model ADDIE. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survey dengan responden sebanyak 12 guru kelas dan 35 siswa Sekolah Dasar Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui Google Forms secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum pernah menggunakan modul pembelajaran IPAS berbasis website namun sangat mendukung pengembangannya dan yakin bahwa penerapan model TPS dalam modul tersebut dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya urgensi dalam pengembangan modul IPAS berbasis website dengan penerapan model TPS sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Azhari Khofyanul Hakiem, Basukiyatno, & Suriswo. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul IPAS Berbasis Website Dengan Penerapan Model Think Pair Share (TPS). BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 83–93. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2350