Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Canva Dalam Konteks Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterlibatan

Authors

  • Istianah Istianah Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Tity Kusrina Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Muntoha Nasucha Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2353

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penelitian yang membahas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya Canva, dalam pembelajaran IPAS di kelas 5 SD, meskipun fenomena ini berpotensi memberikan dampak besar terhadap tingkat keterlibatan siswa dan pencapaian hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa pada pembelajaran IPAS di kelas 5 SD. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan sampel yang terdiri dari 30 siswa dan 5 guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru, angket yang diberikan kepada siswa, dan observasi pembelajaran, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media berbasis Canva dapat meningkatkan keterlibatan siswa, yang dibuktikan dengan tanggapan positif dari siswa dan guru terkait kemampuan platform ini dalam menyajikan materi secara visual dan interaktif. Temuan ini mendukung tujuan penelitian dan memperkuat teori pembelajaran interaktif yang menyatakan bahwa media yang menarik dapat memperbaiki keterlibatan dan pemahaman siswa. Kesimpulan utama penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis Canva sangat penting dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Implikasi dari penelitian ini meliputi kontribusi teoretis, seperti penambahan referensi mengenai media pembelajaran interaktif, serta saran praktis untuk guru agar dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di kelas. Penelitian ini juga membuka kemungkinan untuk penelitian lebih lanjut terkait pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran lain.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Istianah, I., Tity Kusrina, & Muntoha Nasucha. (2025). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Canva Dalam Konteks Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterlibatan . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 198–207. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2353