Pengaruh Teks Muktimodal Berbasis Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemeblajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Adillatul Wafa Annafis Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2423

Keywords:

Teks multimoda, berpikir kritis, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak Teks Multimoda berbasis gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Desain Penelitian yang dterapkan dalam mengetahui pengaruh Teks Multimoda adalah Pre Experimental Designs dengan bentuk On-Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretes dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan postes setelah diberikan perlakuan. Populasi pada penelitian ini semua siswa IV SDN Jetaksari 1 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas IV SDN Jetaksari 1. Dari hasil analisis data terlihat peningkatan yang besar, dilihat dari peningkatan rata-rata pretes dan postes serta hasil analisis statistic inferensial dengan menggunakan rumus uji paired sample t-test, yang memperoleh nilai sig sebesar <0,001. menunjukkan bahwasannya nilai sig <0,05. Dengan demikian H_O ditolak dan H_a diterima. Sehingga disimpulkan Teks Multimoda berbasis gaya belajar dapat Memberikan dampak terhadap kecakapan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Adillatul Wafa Annafis. (2025). Pengaruh Teks Muktimodal Berbasis Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemeblajaran Bahasa Indonesia. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 131–140. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2423