Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Gambar Pohon Literasi
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2448Keywords:
Keterampilan Kolaborasi;, Prestasi Belajar;, Bahasa Indonesia;, Model Problem Based Learning;, Media Gambar Pohon LiterasiAbstract
“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik paradigma Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media visual pohon literasi dapat meningkatkan prestasi akademik dan kerja sama tim siswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia.” Dua siklus perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi merupakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan dalam penelitian ini. Anak kelas lima SD Negeri 2 Pajerukan menjadi fokus utama penelitian. Temuan penelitian mengindikasikan implementasi model PBL dengan bantuan media gambar pohon literasi mampu mendorong peningkatan keterampilan kolaborasi siswa yang semula berada pada kategori cukup menjadi sangat baik. Aktivitas pembelajaran antara guru dan siswa juga menunjukkan adanya peningkatan ditandai dengan keterlibatan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran serta optimalisasi kualitas pengelolaan pembelajaran oleh guru. Lebih lanjut, hasil prestasi belajar siswa mengalami kenaikan signifikan ditunjukkan oleh meningkatnya pemahaman mereka terhadap materi pelajaran serta bertambahnya jumlah siswa yang berhasil memenuhi indikator keberhasilan. Hasil-hasil ini mendukung kesimpulan bahwa model Problem Based Learning, jika dikombinasikan dengan media visual pohon literasi, dapat meningkatkan prestasi akademik dan kerja sama tim siswa saat mereka belajar bahasa Indonesia.