Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Budaya Literasi Pada Siswa Kelas V UPTD SDI Malamude
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2465Keywords:
Peran guru; budaya literasi; UPTD SDI Malamude.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi pada siswa kelas V UPTD SDI Malamude. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SDI Malamude. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDI Malamude. Objek penelitian ini adalah analisis peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam kegiatan literasi diantaranya adalah menyiapkan fasilitas pojok baca dan rekomendasi buku. Selain itu, peran guru dalam mengoptimalkan budaya literasi pada siswa kelas V UPTD SDI Malamude, guru juga berperan sebagai motivator yang memberikan motivasi agar dapat mengoptimalkan budaya literasi siswa. Guru juga dapat bertindak sebagai dinamisator, konselor dan juga evaluator. Hal ini dilakukan guru agar dapat mengoptimalkan budaya literasi siswa kelas V UPTD SDI Malamude.