Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Kelas V UPT SDN 02 Pakunden

Authors

  • Riasti Astutik Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap aktvitas dan hasil belajar IPAS Kelas V UPT SDN 02 Pakunden, kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi eksperimen. Hasil angket aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control dengan nilai 92,8% untuk kelas eksperimen dengan kategori sangat aktif dan 60% untuk kelas control dengan kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil belajar IPAS masing-masing kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 88,68 dan rata-rata kelas control sebesar 72,48. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji manova menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CRH berbantuan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPAS kelas V UPT SDN 02 Pakunden.

Kata kunci: pengaruh; model CRH; aktivitas belajar; hasil belajar.

 

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Astutik, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Kelas V UPT SDN 02 Pakunden. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 214–223. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2505