Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Diskusi Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020

Authors

  • Baiq Halimatuzzuhrotulani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Keywords:

Kemampuan Berbicara; Problem Solving

Abstract

Berdasarkan deskripsi hasil penelitian tindakan kelas yang meliputi sejumlah data yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa dalam siklus I dan II penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam diskusi dan motivasi belajar siswa baik secara kelompok maupun individu siswa Kelas 6 SD Negeri 2 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020.

Pembelajaran dengan mengunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada metode yang lainnya sehingga dapat menigkatkan kemampuan berbicara siswa dalam diskusi yang merupakan suatu metode dimulai dengan mencari data sampai dengan menarik simpulan yang banyak menimbulkan kegiatan belajar siswa lebih optimal baik secara individu maupun secara kelompok di dalam memecahkan suatu masalah.

 Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan mulai dari, memperhatikan penjelasan guru, berdiskusi antara siswa mengenai tugas materi, menyajikan hasil diskusi, memberikan kesempatan orang lain berbicara, pendalaman siswa terhadap materi wawancara, tanya jawab antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Metode ini sangat tepat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Sedangkan hasil belajar siswa dari setiap siklus mengalami peningkatan, dan dapat dilihat dari sekor siklus ke-I  sampai sklus ke-II. Setelah melakukan tindakan pada siklus II, hasil evaluasi ketuntasan belajar yang dicapai adalah 88,24% mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 11,77 %, ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah memenuhi target dalam KKM, sedang rata-rata dan analisis data aktivitas siswa diperoleh rata-rata 16,44  mengalami peningkatan skor rata-rata dari siklus I sebesar 4,37.

Berdasarkan hasil penelitian, kekurangan dan kelamahan siswa pada umumnya hampir sama. Namun pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan menambah kemampuan mereka dalam bertanya dan berpendapat.  Dengan demikian, aktivitas siswa ini dapat dikatakan, bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatan kualitas berbicara siswa.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Halimatuzzuhrotulani, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Diskusi Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1 Juni), 65-85. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/286

Issue

Section

Articles