Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo

Authors

  • Taseman Taseman PGMI IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, Indonesia

Keywords:

: Pemanfaatan; Pembelajaran IPS; Media Visual

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat media visual pada pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Jenis penelitian yang dipilih menggunakan data kualitatif.Pengumpulan data menggunakan dua teknik yakni, observasi dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Terdapat perbedaan kecepatan pemahaman antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis visual, 2) Dengan adanya media visual ini, siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran 3) Kendala-kendala dalam pembuatan media visual ini adalah keterbatasan waktu, biaya dan faktor usia.

Oleh karena itu, pendidik harus lebih kreatif dalam mengembangkan media visual pada pembelajaran IPS sehingga dapat memudahkan proses pembelajaran.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Taseman, T. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1 Juni), 86-97. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/291

Issue

Section

Articles