Relevansi Bahan Ajar dengan Standar Isi Kurikulum MI/SD Kelas V Tema I (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Terbitan Citra Pustaka

Authors

  • Siti Nurul Fitriani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor Lombok Timur
  • Baiq Zunnur’aeni Yusmayani Prodi PGMI IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.386

Keywords:

Relevansi Bahan Ajar, Standar Isi Kurikulum MI/SD, Buku Ajar terbitan Citra Pustaka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi bahan ajar dengan standar isi kurikulum MI/SD Kelas V pada tema organ gerak hewan dan manusia terbitan citra pustaka. Agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang, buku ajar harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu sesuai dengan Stadar Isi Kurikulum MI/SD yang disebutkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Library Research (Penelitian Kepustakaan) dengan 2 sumber data, data primer dan sekunder.

Data primer, yang merupakan sumber utama penelitian ini yaitu buku ajar kelas V MI/D Semester 1 terbitan Citra Pustaka, sedangkan data sekunder yang berasal dari berbagai sumber bacaan seperti jurnal-jurnal, buku, artikel, dan blog di internet yang berkaitan dengan kajian peneliti. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, dengan cara menganalisis data dengan mereduksi, display dan menggambarkan kesimpulan, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi dari buku ajar kelas V terbitan citra pustaka sudah sesuai dengan Standar isi Kurikulum MI/SD (Standar Kompetensi Lulusan (SKL)  dari kompetensi inti dan kompetensi dasarnya) walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan namun buku ini sudah memenuhi unsure-unsur yang terdapat pada standar kurikulum 2013.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Fitriani, S. N., & Yusmayani, B. Z. . (2020). Relevansi Bahan Ajar dengan Standar Isi Kurikulum MI/SD Kelas V Tema I (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Terbitan Citra Pustaka. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 195-210. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.386

Issue

Section

Articles