Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • arnelia dwi yasa arnelia@unikama.ac.id
  • Cicilia Ika Rahayu Nita FKIP Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Adelya Mega Insan Putri Prodi PGSD, FKIP Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.388

Keywords:

Ensiklopedia; SD; Tata surya

Abstract

Gerakan literasi dilakukan dengan cara membaca buku selain mata pelajaran dalam waktu lima belas menit sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan ensiklopedia tata surya yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan metode penelitian ADDIE dengan empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi.

Dalam metode ini tahapan evaluasi tidak dilakukan atas dasar keterbatasan waktu penelitian. Langkah yang terdapat dalam penelitian berikut berupa analisis kebutuhan, proses kerangka desain, pengembangan instrumen validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta  implementasi ensiklopedia kepada 10 orang siswa dalam uji lapangan serta guru wali kelas III SDN Sukun 1 Malang. Hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi oleh ahli media sebesar 92% layak digunakan, dari ahli materi sebesar 96% layak digunakan, dan dari ahli bahasa sebesar 93% layak digunakan. Sedangkan, kepraktisan ensiklopedia tata surya dari guru sebesar 80% dan siswa kelas III sebesar 87%. Uji keefektifan sebesar 81% yang menunjukkan bahwa modul efektif untuk digunakan.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

dwi yasa, arnelia, Nita, C. I. R. ., & Putri, A. M. I. . (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 137-146. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.388

Issue

Section

Articles