Guru Penggerak Sebagai Fasilitator Perbaikan Mutu Pendidikan

Authors

  • Chanesa Hestiani Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syifa Nurfebriyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1018

Keywords:

Merdeka Belajar; Guru Penggerak; Fasilitator; Mutu Pendidikan.

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hadirnya guru penggerak melalui perannya sebagai fasilitator dalam memperbaiki mutu pendidikan melalui kurikulum merdeka. Peneliti bermaksud  menyajikan  data  hasil observasi dan wawancara  untuk  memahami peran  aktif  guru  penggerak sebagai fasilitator pada  konsep  merdeka  belajar  untuk memperbaiki  kualitas  mutu pendidikan di Indonesia. Merdeka belajar sebagai konsep yang  diupayakan  dapat  mengadakan  perubahan  pendidikan  secara  tranformasi melalui berbagai program, salah satunya program  guru penggerak sebagai fasilitator yang di kuatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, karena penelitian menggambarkan, mendeskripsikan variabel Guru Penggerak Sebagai Fasilitator Perbaikan Mutu Pendidikan di SDN Tegal Jetak. Subjek dalam penelitian ini peran guru sebagai fasilitator untuk memperbaiki mutu pendidikan yang dilakukan oleh guru penggerak di SDN Tegal Jetak. Penelitian ini meneliti guru kelas IV sebagai guru penggerak. Kemampuan  guru  sebagai  pemimpin  pada konsep  merdeka  belajar  yaitu  guru penggerak sebagai fasilitator berperan juga untuk serta memotivasi didik rekan  guru dan peserta  didik di  lingkungan  sekolah. Merdeka belajar memberikan  kebebasan  guru sebagai fasilitator berkreasi  untuk mengola pembelajaran  bersama  peserta didik. Peran   guru   penggerak penting sebagai  pemimpin  dalam peningkatan mutu pendidikan masa depan. Tanpa   adanya   perubahan   kualitas   guru, tidak   akan   terjadi perubahan  hasil  belajar  peserta  didik yang nantinya berakhir pada kualitasnya mutu  pendidikan.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Chanesa Hestiani Putri, Syifa Nurfebriyani, & Reksa Adya Pribadi. (2024). Guru Penggerak Sebagai Fasilitator Perbaikan Mutu Pendidikan . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 339–353. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1018