Pengaruh media flash card terhadap computation thinking skiil siswa pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar

Authors

  • ufiq ocktariya universitas pgri palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1025

Keywords:

Flash Card, Computation Thinking Skill, Bangun Ruang

Abstract

Computation thinking skill merupakan salah satu literasi abad 21 yang penting untuk dikuasai siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media flash card terhadap computation thinking skill siswa kelas V materi bangun ruang dipilih secara random sampling yaitu siswa kelas V.A dan siswa V.B di SD Negeri 232 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen, metode pengumpulan data siswa melalui observasi, tes dan dokumentasi.   Dengan desain posttest-only control design, metode analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif menggunakan uji independent t-test. Hasil penguji hipotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau dapat juga dilihat dari nilai thitung = 7,039 dan ttabel = 2,005. Thitung > ttabel (7,039 > 2,005) hal tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel dimana taraf kepercayaan α = 5% (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Flash Card Terhadap Computation Thinking Skill Siswa  Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

ocktariya, ufiq, Nora Surmilasari, & Dian Nuzulia Armariena. (2024). Pengaruh media flash card terhadap computation thinking skiil siswa pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 400–407. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1025