Implementasi Metode Talqin Pada Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an Di Sekolah Dasar Cibinong
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1028Keywords:
Kata kunci: Talqin; Pendidik; Qur’an.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode talqin dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan kualitatif deskriptif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan atau field research dan analisis data berupa simpulan deskriptif rangkaian kata-kata sesuai dengan fakta lapangan yang ada. Penelitian yang dilaksanakan di SD Permata Islam melibatkan pendidik dan peserta didik sebagai pendukung subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talqin tepat apabila dilaksanakan di jenjang sekolah dasar karena dengan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talqin peserta didik yang tidak dapat membaca Al-Qur’an dapat terbantu dengan metode talqin.