Powers and Politics Konsep Powers dan Politics di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Jakarta dan Implikasinya Terhadap Kemajuan Sekolah

Authors

  • indri indriani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Andara Liluyani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Cinta Kirani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasyim Asy’ari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1055

Keywords:

Power; Politics; Pendidikan; Madrasah Ibtidaiyah; Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang politik dan kekuasaan yang diterapkan dalam Madrasah Ibidaiyah, yang mana siswa dapat berperan serta dalam kepolitikan yang dilaksanakan di sekolah. Kebijakan politik dalam pendidikan menjadi suatu kewajiban untuk belajar yang dapat dikembangkan untuk kemajuan warga sekolah, yang mana secara langsung atau tidak langsung politik di pengaruhi oleh pendidikan, sehingga pendidikan dapat membentuk individu untuk berpartisipasi.  Politik dan kekuasaan menjadi urgensi dalam dunia pendidikan untuk memberikan jiwa yang demokratis dalam pendidikan. Dalam pendidikan, siswa pasti nya diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin terutama pemimpin untuk dirinya sendiri sehingga mereka bias memiliki kekuasaan. Contoh berpolitik dalam lembaga pendidikan yaitu seperti pemilihan ketua OSIS atau pemilihan ketua kelas, yang mana siswa dapat memilih kandidat sesuai  keinginan mereka tanpa ada paksaan dari pihak lain. Kepala sekolah tentu nya yang memiliki kekuatan tertinggi dalam lembaga pendidikan untuk memutuskan berbagai kebijakan atau pedoman sebagai keputusan politik.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

indriani, indri, Andara Liluyani, Cinta Kirani, & Hasyim Asy’ari. (2024). Powers and Politics Konsep Powers dan Politics di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Jakarta dan Implikasinya Terhadap Kemajuan Sekolah. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 231–239. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1055