Literasi Baca Tulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Bangun Harjo
Keywords:
Literasi Baca Tulis, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan literasi baca tulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampun berpikir kritis siswa SD dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitin ini merupakan metode penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif, karena data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data deskriptif berupa dokumen tentang literasi baca tulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Metode kualitatif adalah penelitian yang di mana peneliti adalah alat utama, pengambilan sampel sumber data yang bertujuan untuk pengumpulan teknik data triangulasi, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, literasi baca tulis dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SD Negeri Bangunharjo memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,75. Diketahui bahwa antusias siswa melakukan kegiatan literasi baca tulis cukup baik dan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri Bangunharjo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur sudah cukup baik, hal tersebut terbukti pada saat siswa mampu memahami, menjelaskan, menyimpulkan dan memecahkan masalah. Faktor pendukungnya adalah kerja sama antara guru dan siswa serta fasilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemalasan dan tidak ada peran orang tua dalam proses belajar.