Penerapan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak di Sekolah Dasar Islam Annajah Bekasi

Authors

  • Suhailah Rahmatullah STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Danang Dwi Basuki STIT Hidayantunnajah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1066

Abstract

Tugas utama guru merupakan mendidik, mengajar, dan melatih peserta didik. Pendidkan Akhlak sangatlah penting untuk diajarkan kepada anak pada usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas belajar menggunakan media video pembelajaran. Dengan sarana prasana yang memadai dapat menunjang keberhasilan ketika pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang akan digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan minat, dan prestasi pesrta didik, metode ini lebih mudah dipahami peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Dan keberhasilan ini juga tentunya guru dituntut untuk memperbarui cara mengoperasikan teknologi pada era sekarang. Ketika pembelajaran berlangsung banyak anak yang sudah jenuh dan bosan, dikarenakan guru yang menjelaskan materi terlalu monoton. Baik dari guru maupun peserta didiknya harus berhasil ketika pembelajaran berlangsung, guru berhasil membuat peserta didik paham dengan materiyang disampaikan dan peserta didik dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam akhlak. Pada era ini, banyak yang mengaggap sepele tentang aklak, terutama generasi mudanya. Oleh karena itu peran guru dan orang tua sangatlah dibutuhkan dalam hal ini, sehingga anak-anak dapat terarahkan dan menjunjung tinggi akhlak mulia.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Rahmatullah, S., & Danang Dwi Basuki. (2024). Penerapan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak di Sekolah Dasar Islam Annajah Bekasi. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 331–338. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1066