Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1087Keywords:
Kecerdasan emosional; Hasil belajar kognitif; Pembelajaran tematikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang bisa mengelola emosi saat belajar di kelas, kurang motivasi dalam belajar, kurang percaya diri, dan hasil belajar kognitif yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Sindangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas V SDN Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan dengan populasi yang sama dengan sampel sebanyak 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa dan hasil belajar kognitif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Guttman dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji korelasi product moment, uji regresi linier sederhana, dan uji determinasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik yaitu r sebesar 0,464 pada taraf hubungan sedang.