Model TGT Berbantu Media Kotak Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1106Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model TGT, Kotak PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantu media kotak Pancasila kelas II SD Negeri Blotongan 02, Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SD Negeri Blotongan 02, Salatiga yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantu media kotak Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II di SD Negeri Blotongan 02, Salatiga. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran Pendidikan Pancasila belajar peserta didik kelas II di SD Negeri Blotongan 02 hanya 7 (35%) peserta didik yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 12 (60%) peserta didik yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 17 (85%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 70,3 menjadi 82,45.